Kamis, 30 April 2009

SMU NEGERI 2 PANGURURAN BERBENAH DIRI, Skala 5 Feb 2009

Menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan persaingan serta makin dekatnya waktu UAN (Ujian Akhir Nasional), SMU Negeri 2 Pangururan yang beralamat di Jl. Pangururan – Simanindo, Desa Parbaba Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, mulai berbenah diri. Sejak November 2008, khusus untuk siswa kelas 3, sekolah ini telah melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler (pelajaran tambahan) di sore hari.

SMU Negeri 2 Pangururan ini telah meraih banyak prestasi seperti Juara II Lomba Paduan Suara Senandung Samosir tahun 2007 yang lalu, Juara I Festival Tari Kreasi pada November 2008, Juara II Lomba Gerak Jalan Santai Kabupaten Samosir dan prestasi-prestasi lainnya.

Terkait dengan prestasi-prestasi yang diperoleh, Kepala SMU Negeri 2 Pangururan, Drs. Resman Simbolon menjelaskan bahwa setiap keberhasilan yang diraih SMU Negeri 2, adalah hasil kerjasama semua tim.

Semua tenaga pengajar di SMU Negeri 2 Pangururan mencoba mengoptimalkan program sekolah sesuai dengan misi dan visi serta berusaha meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mencapai hasil yang optimal, semua oknum yang terkait harus saling bekerja sama dan saling mendukung.

Faktor pendukung kesuksesan SMU Negeri 2 adalah, Faktor Guru, Siswa dan Prasarana. Guru merupakan titik sentral peningkatan kualitas pendidikan karena sebagian besar keberhasilan siswa ditentukan oleh guru. Kita berusaha agar guru di SMU Negeri 2 menjadi guru yang profesional, yang mengetahui secara mendalam tentang apa yang diajarkan, memiliki kemampuan mengajar dan kemampuan meneliti serta kemampuan memberi bimbingan yang akademik kepada siswa. Masa depam pendidikan ada di tangan guru, yang menyampaikan amanah ilmu pengetahuan pada siswa. Dan setiap guru harus mendisiplinkan diri, dengan sendirinya siswa juga akan disiplin.

Lebih lanjut, Drs. Resman Simbolon mengatakan faktor yang kedua adalah Siswa. Kalau guru sudah profesional, sudah paham tentang kebiasaan siswa, siswa juga akan memberi respon yang baik terhadap didikan dan ajaran guru. Di sekolah ini, guru berusaha memotivasi para siswa untuk belajar dan memberi inspirasi serta gambaran tentang persaingan hidup yang berkualitas. Dalam hal jenjang pendidikan lanjut yang akan di tempuh oleh siswa,

sekolah ini telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada seperti IPB, USU, UI, Unimed dan ITB

Dan mengenai faktor sarana dan prasarana masih kurang memadai. Tetapi SMU Negeri 2 berusaha mengoptimalkan penggunaannya. Untuk praktikum Kimia, Fisika dan Biologi dilaksanakan di tempat yang sama. Karena sekolah ini hanya memiliki satu laboratorium. Sekolah ini juga memperdalam seni budaya Batak, dimana siswa-siswanya pernah menjadi wakil Kabupaten Samosir ke Jakarta. Dan siswa-siswa dari sekolah ini di latih untuk memiliki ketrampilan, keahlian untuk bersaing di dunia luar.

“Sebagai tenaga pendidik, saya berharap kerjasama antara guru, siswa dan orang tua kedepannya akan semakin solid. Orang tua siswa mendukung program sekolah, demi kemajuan sekolah ini dalam hal mutu pendidikan dan prestasi.

Dengan dukungan semua pihak, SMU Negeri 2 Pangururan akan berusaha menciptakan sumber daya manusia ataupun generasi penerus yang intelek, cerdas, bermoral tinggi dan siap bersaing “ demikian Drs. Resman Simbolon mengakhiri perbincangannya dengan Skala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar