Kamis, 30 April 2009

ADD DESA GINOLAT DIPERTANYAKAN, Skala 23 Feb 2009


* Masyarakat mengadu pelaksanaan ADD hanya 55% terlaksana

Masyarakat Dusun I Desa Ginolat Kecamatan Sianjur Mula-mula mempertanyakan pelaksanaan ADD (Alokasi Dana Desa) tahun anggaran 2007/2008. Menurut masyarakat, ada penyimpangan pelaksanaan ADD dan tidak sesuai dengan kesepakatan rembuk desa.

Salah satu hasil kesepakatan rembuk desa adalah pengerasan/pemadatan jalan Simpang Simangariring menuju persawahan sepanjang 205 meter. Yang belum terlaksana dalam pengerasan jalan ini adalah pemadatan jalan dengan mendatangkan alat berat (walas). Karena ada kendala, walas tertunda masuk ke Desa Ginolat untuk menyelesaikan proyek fisik ini.

Namun enam orang masyarakat Dusun I Desa Ginolat RS, NS, JS, AS, PT dan AS, melayangkan surat pengaduan Korupsi dana ADD ke Kejaksaan Balige Cabang Pangururan dengan delik pengaduan ADD Dusun I Desa Ginolat dikorupsikan. Hanya terlaksana 55 persen. Tembusan Surat juga disampaikan kepada Bupati Samosir, Bawasda, Polres Samosir, Kajatisu, KPK, Camat Sianjur Mula-mula, Ketua BPD Desa Ginolat.

Ketika dikonfirmasi, Camat Sianjur Mula-mula, Jaingot Banjarnahor, SP menjelaskan bahwa hasil pantauan dilapangan pelaksanaan ADD Desa Ginolat berjalan dengan baik namun masih ada kekurangan sesuai dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya). Tetapi jika ada kekurangan, masih ada waktu untuk mengerjakannya, karena proyek fisik ADD Desa Ginolat belum PHO (serah terima).

Menyikapi dan menindak lanjuti pengaduan masyarakat Dusun I Desa Ginolat, Camat Sianjur Mula-mula telah memanggil Kepala Desa dan masyarakat yang mengadu. Disamping Kades Ginolat, Abdon Sinaga, hanya RS dari pihak masyarakat yang mengadu, menananggapi panggilan dari Camat Sianjur.

Menanggapi adanya pengaduan masyarakat Dusun I, Camat Sianjur Mula-mula menilai bahwa tindakan masyarakat tersebut terlalu berlebihan. Jika ada ketimpangan atau kekurangan, seharusnya masyarakat terlebih dahulu meminta pertanggung jawaban Kepala Desa dalam suatu rembuk desa. Jika Kepala Desa tidak menanggapi, kemudian ke Camat. Jika masyarakat merasa Camat juga tidak menanggapi masalah yang ada, barulah masyarakat melaporkan kepada pihak yang berkompeten. Secara kasat mata, hal ini sebenarnya tidak/belum jadi masalah karena masih ada waktu untuk memperbaiki kekurangan.

“Tetapi masyarakat sudah bertindak jauh, sebagai aparat pemerintah di Kecamatan, kami hanya bisa mengharapkan semoga masalah ini cepat selesai, dan semoga tidak terjadi kejadian yang sama di desa lain ataupun kecamatan yang lain”, harap Camat Sianjur.

Menurut masyarakat Desa Ginolat, kinerja Kepala Desa mereka sampai dengan saat ini sesuai dengan keinginan masyarakat dan mengikuti prosedur. Masyarakat yang mengadu kemungkinan dari oknum-oknum yang ada unsur sakit hati kepada Kades.

Dari sosialisasi ADD, kelompok pengadu tidak pernah mengikuti rapat atau rembuk desa yang dilaksanakan di Desa Ginolat.

Pada rapat (rembuk desa) untuk sosialisasi ADD dan penggunaannya tercatat daftar hadir dan tanda tangan masyarakat yang hadir serta notulen rapat.

Menurut salah seorang masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya, bagaimana mungkin seseorang yang tidak pernah mengikuti rapat, mengetahui secara pasti hasil rapat ataupun notulen rapat. Pengaduan yang ada hanya merupakan ulah dari oknum yang tidak bertanggung jawab dan yang hanya ingin mencemarkan nama baik Kades Ginolat.

Kades Ginolat, Abdon Sinaga mengatakan akan memenuhi panggilan dari pihak yang berkompeten menangani pengaduan ini.

“Kami telah bekerja sesuai dengan prosedur. Kami menyadari bahwa masyarakat adalah pengawas kinerja kami. Setiap masyarakat yang melakukan pengawasan setidaknya harus mengedepankan kepentingan umum. Bukan kepentingan pribadi atau golongan. Masalah apapun yang ada di desa, aturannya masih bisa kami selesaikan bersama. Yang telah kami laksanakan sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan rembuk desa. Kami menyayangkan, mengapa masyarakat mengambil langkah terlalu jauh, padalah kami punya LKMD, BPD. Kami akan menanggapi pengaduan ini dengan bukti-bukti yang ada pada kami dengan data yang aktual serta akurat yang dapat kami pertanggung-jawabkan. Harapan kami, semoga masalah ini cepat selesai. Karena masih banyak yang penuh dibenahi di Desa Ginolat ini,“ jelas Abdon Sinaga kepada Skala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar