Kamis, 30 April 2009

TAHUN BARU CHINA (IMLEK), SAMOSIR RAMAI, 29 Jan 2009


* Peningkatan Pengunjung Tidak Terlalu Signifikan

Akhir pekan dan libur Tahun Baru Imlek 2560 (26/1) membawa pengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata yang ada di Samosir. Wisatawan lokal ataupun manca negara banyak berkunjung seperti yang terlihat di Tomok dan Tuktuk Siadong Kecamatan Simanindo dan Pasir Putih Desa Parbaba, Aek Rangat Desa Siogung-ogung Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Menurut Petugas Retribusi yang bertugas di daerah Pasir Putih, akhir pekan yang berlanjut dengan libur Imlek, pengunjung banyak datang walau tidak terlalu terlihat peningkatannya. Pengunjung bukan hanya warga sekitar Pangururan tetapi ada juga yang datang dari luar kota ataupun wisatawan manca negara. Salah seorang pengunjung, Leonora Simatupang (35) yang berasal dari Pematang Siantar cukup bangga bisa berkunjung ke Pasir Putih, bisa menikmati keindahan alam di pesisir Danau Toba, tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke provinsi lain untuk melihat pasir putih karena Samosir telah memilikinya.

Lebih lanjut Leonora menyayangkan beberapa hal terkait dengan infrastruktur yang ada di objek wisata ini, seperti jalan masuk ke area pantai, lapangan parkir dan kamar ganti ataupun toilet. Seperti yang terlihat, toilet ataupun kamar ganti yang ada si Pasir Putih sudah tidak terawat sehingga pengunjung tidak tahu kemana harus salin pakaian.

Saulina Resort yang terletak di objek wisata Aek Rangat berada dipesisir Danau Toba, yang menawarkan wisata rohani dengan rumah doa Eben Ezer, walau tidak terlalu sigifikan ada peningkatan pengunjung ataupun tamu yang menginap, demikian penjelasan Manager Hotel (Resort), Junico Purba, SIP.

Menurutnya, dengan kondisi seperti sekarang ini dimana infrastruktur jalan masih dalam tahap perbaikan/pelebaran, Aek Rangat sudah banyak di kunjungi. Bagaimanapun bila infrastruktur yang mendukung Aek Rangat benar-benar di benahi, akan semakin ramai di kunjungi para wisatawan lokal ataupun manca negara. Perekonomian masyarakat juga akan terbantu sebagai dampak positipnya. Kita boleh meniru provinsi lain dalam hal kegiatan-kegiatan yang telah mereka lakukan maupun cara mereka untuk mampromosikan objek wisata yang ada.

Untuk mendukung visi Pemkab Samosir menjadi Kabupaten Pariwisata 2010 diharapkan kepada pihak pengelola hotel berani bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir ataupun pihak-pihak lain untuk melakukan promosi di luar daerah sehingga orang-orang mengenal Samosir dan ingin mengunjunginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar